Penulis: Supriyadi

Editor: Elis Badariah

ISBN : dlm proses

Terbit : September 2023

Sinopsis

Menurut Ismail Nawawi (2009) Perekonomian mempunyai kata dasar “Oikos” yang berarti rumah tangga dan “Nomos” yang berarti aturan jadi ekonomi mengandung arti aturan yang berlaku untuk memenuhi kebutuhan hidup dalam satu rumah tangga. Menurut KBBI (2005) Ekonomi berarti ilmu mengenai asas-asas produksi, distribusi dan pemakaian barang-barang serta kekayaan (seperti halnya keuangan, perindustrian dan perdagangan).

Perekonomian Menurut L. James Havery yaitu suatu sistem yang berguna untuk membuat rangkaian komponen antara satu dengan yang lainnya (dalam prosedur logis dan rasional, guna mencapai tujuan tertentu yang telah disepakati bersama). Dan Harvey menekankan bahwa kesatuan merupakan hal yang mutlak terjadi dalam sistem perekonomian.

Sedangkan, Jhon Mc. Manama, berpendapat bahwa perekonomian merupakan sebuah konsep yang menggabungkan keseluruhan fungsi-fungsi ke dalam suatu kesatuan organik. Konsep tersebut bertujuan untuk mencapai hasil yang efektif dan efisien dari kegiatan yang dilakukan.

Edgar F. Huse dan James L. Bowdict, menuangkan gagasan mereka tentang perekonomian. Menurut mereka  bahwa perekonomian ialah suatu sistem atau rangkaian yang saling terikat dan bergantung satu sama lainnya. Sehingga, timbul hubungan timbal balik dan pengaruh dari hubungan tersebut. Pendeknya, satu bagian bisa mempengaruhi bagian-bagian yang lain secara keseluruhan.

Berdasarkan beberapa pengertian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa perekonomian merupakan suatu perbaikan kondisi dari perekonomian yang lemah menjadi perekonomian yang lebih baik atau mengalami kemajuan dari sebelumnya.

Tags:

Categories:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *